Jumat, 19 November 2010

CINTA PERTAMA (FIRST LOVE)

"Setiap pemuda selalu ingat akan cinta pertamanya dan selalu mengenangnya kembali di lain waktu Kenangan yang mengubah perasaannya yang paling dalam dan membuatnya bahagia Meski misterinya memang sangat menyakitkan" (Kahlil Gibran)

Semua orang di dunia ini akan berkata bahwa cinta pertama adalah sebuah kisah yang tiada habisnya bila dikupas diantara warna dunia ini, cinta pertama juga merupakan sebuah kisah percintaan yang sulit di lupakan dan akan selalu terkenang. Saat ini, siapapun mereka, cinta pertama adalah cinta pertama yang tidak ada samanya.

Meskipun begitu, cinta-cinta selanjutnya tetap punya ruang di hati setiap orang, dan akan membungkus kisah cinta pertama yangselama ini terpendam... hingga akhirnya terpendam lebih dalam namun kesan yang terciptapun akan semakin mendalam. Tidak ada harapan lagi bagi orang-orang jika mereka tidak memiliki cinta pertama dan selalu terbelenggu dalam kisah itu.

Menurut saya CINTA PERTAMA itu bukanlah cinta monyet atau dimana pertama kali kita suka sama orang, tapi cinta pertama itu di mana kisah percintaan yang selalu terkenang oleh kita. Cinta pertama menimbulkan kesan-kesan dan segala memori yang indahakan bersemi lagi ketika mentari menyinari.Mentari cinta, tidak ada hati yang sanggupmenahan bunga-bunganya. Cinta-cinta selanjutnya akan mengalah walau sebentar.

Saya juga punya cinta pertama. Padawaktu tertentu yang telah berlalu.Mengenangnya di waktu lain, seperti saat ini (hehehe...). Mengecap bahagianya dari hati yang paling dalam. Meski mengecap juga misterinya yang menyakitkan namun selalu indah untuk di kenang.

"Akhirnya Yusuf pun dijebloskan ke dalam penjara, namun cintanya tak pernah pudar bahkan semakin menjadi jadi …".
Ya, itulah sepotong kalimat yang sangat dahsyat pengaruhnya ke jiwa yang kejadiannya pernah tertulis di Al Qur'an.

Seorang Zulaikha yang pada awalnnya hanya mengedepankan nafsunya untuk mencintai Yusuf a.s sehingga berbagai cara dan fitnah yang ia lakukan agar Yusuf jatuh ke pelukannya. Pada akhirnya Yusuf tetap pada keimanannya yang membuat ia dijebloskan ke penjara, namun Zulaikha bepikir dan berpikir kenapa ada sesuatu yang lain dalam hatinya. Yang dirasakannya bukanlah nafsu belaka lagi, akan tetapi suatu perasaan yang amat berkesan yakni kenapa pemuda segagah dan secerdas Yusuf tidak takluk dalam jiwa mudanya.

Kesan ini hanya ia dapatkan pada diri Yusuf yang bersahaja dan tidak pada pemuda dan laki laki lain. Kita pun tahu sebenarnya pada akhirnya cinta pertamalah yang merambah ke dalam hati wanita itu. Bukan karena kegagahn dan ketampanan paras seorag hamba Allah Yusuf, namun karena ketegaran jiwa dan akhlaknya.

Banyak lagi romansa yang tak kalah hebatnya walaupun hanya tergores di atas lembaran buku dan puisi dan sesungguhnya tak pernah terjadi namun bisa mengubah jiwa manusia yang membacanya.

Cinta pertama bukanlah hal seperti perasaan simpati, suka ataupun keinginan yang terjadi pertama kalinya dalam diri kita. Zulaikha mungkin pernah mengutarakan ia mencintai suaminya namun cintanya jatuh kepada Yusuf yang datang setelah suaminya. Adalah sesuatu yang membuat sesuatu bisa disebut cinta pertama. Ialah kesan dan kekaguman bukan penglihatan dan keinginan atau mungkin ialah perasaan takluk bukan perasaan ingin menaklukkan.

Inilah yang membuat cinta pertama tak akan pernah pudar karena ia tak melekat di kulit dan wajah yang cantik, namun melekat di hati yang akan mati ketika seluruh raga mati. Bahkan ia pun melekat di dasar jiwa yang akan dibawanya ke alam baka. Cinta pertama tak bisa digantikan seolah ia adalah cinta yang terakhir.

Seperti kisah seorang akh yang diajak bepergian oleh saudaranya dan dijamu dengan jus mangga. Namun ia pun menangis dan menolaknya. Ia katakan: "Sesungguhnya aku dan istriku dulu menghabiskan waktu senggang berdua dengan meminum segelas jus mangga bersama, namun sekarang ia tlah pergi dan aku hanya akan meminumnya hanya dengannya kelak di surga ”. begitulah cinta pertama yang harus kita deklarasikan sebagai cinta terakhir kita.

Cinta yang hanya dirasakan ketika ada pasangan jiwa yang dicintai itu ada, selain itu tak ada rasa yang lebih darinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mungkin blong saya tak sebagus blong punya kamu, tapi saya harap kamu mau meninggalkan komentar demi memperbaiki blong ini. Saya ingin sekali belajar dari kamu!
DILARANG MENARUH LINK HIDUP & SPAM